Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 21 April 2014

Diary? Apa manfaatnya?



Diary? Apa manfaatnya?



Apa kalian suka menulis pengalaman kalian di buku diary? Menurut kalian penting nggak kita nulis setiap apa yang kita lakukan di buku diary?
Diary diartikan sebagai catatan yang merekam rangkaian aktivitas setiap harinya. Sebenarnya menulis diary banyak lho manfaatnya. Apa saja?

1.        Mencurahkan semua isi hati atau tempat curhat

Beban pikiran berlebih bisa membuat produktivitasnya menurun. Maka menulis di diary bisa membantu diri dalam membuang isi beban pikiran yang berlebih. Diary bisa jadi teman curhat akan segala hal. Ketika sudah menumpahkan isi hati pada diary, maka pikiran pun akan jadi lebih enteng dan berdaya dalam menghadapi tantangan yang bertubi di hadapan Anda.

2.        Memperjelas masalah yang sedang berusaha dipecahkan

Rata-rata manusia punya kemampuan yang terbatas dalam menampung banyak pertimbangan, fakta, hingga perasaan secara bersamaan di dalam pikirannya. Apalagi jika pikiran ini terlalu dibebani dengan aktivitas menampung dan mengingat, maka kemampuan seseorang untuk berpikir dengan konsentrasi jadi terbatas.
Menuangkan isi kepala di atas kertas akan membantu kita dalam menganalisa, menemukan detail yang penting, mencari titik lemah dan juga menemukan inspirasi dari masalah yang sedang dihadapi. Sehingga menulis bisa membuat masalah jadi lebih cepat tersolusikan.

3.        Mengingat event dan momen masa lalu

Orang yang bahagia adalah mereka yang punya banyak sekali momen indah yang terabadikan, entah lewat gambar ataupun tulisan. Tulisan membantu kita mengekalkan momen-momen menyenangkan dan mencerahkan yang seringkali kurang cukup terjabarkan dalam bentuk gambar. Bila kita tidak menuliskannya secara rinci, maka kita bisa kehilangan nuansa dan emosi yang melingkupi setiap serpih dan bongkah pengalaman kita.
Sekedar mengingat pengalaman menyenangkan dalam hidup bisa membuat kita merasa lebih baik. Terkadang rasa pilu memang bisa muncul, tapi kemudian kita sadari bahwa di saat pengalaman buruk sudah lama berlalu, kita jadi lebih mampu menemukan hikmah dari setiap pengalaman itu. Maka hikmah dan pembelajaran itulah yang jadi penuh nilai.

4.        Mengevaluasi dan belajar

Dengan menuangkan pemikiran, sikap dan gagasan Anda dalam bentuk tertulis, di suatu saat nanti Anda akan bisa menengok ke belakang untuk belajar. Dari jurnal Anda akan bisa temukan kebiasaan positif atau negatif, termasuk rangkaian peristiwa yang bisa menjadi pelajaran untuk melihat masa depan.

5.        Membantu mewujudkan impian

Ketika masih gantung di dalam kepala, seringkali gagasan kita masih ruwet dan susah dipahami, bahkan oleh diri sendiri. Menulis membantu Anda mewujudkan isi kepala ke dalam bentuk yang lebih nyata. Tidak hanya itu, menulis juga membantu kita mengkonkritkan atau mewujudkan impian. Para pakar pengembangan diri di beragam referensi banyak berkata tentang pentingnya memiliki tujuan yang ditorehkan dalam bentuk tulisan. Cita-cita yang ditulis akan jelas dan terarah. Semakin ditulis, semakin kita membuat impian kita jadi lebih terdeskripsi, dan semakin jelasnya impian menjadikan arahan hidup juga makin terang.

6.        Penyimpan rahasia yang baik

Jika Anda menulis segala rahasia di diary akan aman dan tidak ada satupun yang tau. Tapi jaga baik baik diarynya. Jangan samapi ada orang yang membacanya. Makanya diary sangat adalah penyimpan rahasia yang baik


Banyak lagi manfaat yang lain sebenarnya. Kalian bisa tau manfaat yang lain setelah mencoba menulis diary. Makanya menulis diary sangat disarankan. Ayo mencoba kawan :D

0 komentar:

Posting Komentar