Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 21 April 2014

Aplikasi Diary

Aplikasi untuk membuat catatan Diary


Kemarin kita sudah membahas tentang Diary, nah ternyata menulis diary tidak hanya di buku loh, ini ada beberapa aplikasi untuk menulis diary.

Diary atau buku harian merupakan salah satu kegiatan yang sekarang jarang orang melakukannya lagi. Menulis Diary sangat merepotkan apabila Diary yang kita simpan hilang, rusak atau dibaca oleh orang lain. Namun di era digital ini sudah tidak jaman lagi menulis diary atau catatan berupa buku, melainkan berupa dokumen digital. Selain mudah juga sangat efektif menulis diary dalam dokumen digital karena mampu terhindar dari kehilangan, rusak ataupun diary dibaca oleh orang lain, selain itu juga diary digital mampu ditambahkan gambar untuk menambah kekuatan momen itu sendiri. Kali ini saya akan membandingkan tiga aplikasi terbaik untuk menulis Diary atau catatan apapun.

My Wonderful Days

20131219-055330 PM.jpg

My Wonderful days hadir dengan Tampilan yang sangat sederhana dan efektif. Tidak terlalu banyak ornamen dalam aplikasi. Dengan design iOS 7 look, membuat aplikasi ini sangat smooth. Setelah saya menggunakan aplikasi ini, rasanya sangat mudah melakukan entry data. Fitur “emotion” dan “wheater” membuat kita bisa mengekspresikan perasaan kita pada momen saat itu begitu juga dengan kondisi cuaca saat itu serta kita bisa melihat statistik dari perasaan kita selama waktu yang kita inginkan. Aplikasi ini juga bisa memasukkan gambar dalam setiap momen untuk menambah kekuatan momen tersebut. Namun sayangnya gambar yang bisa kita upload hanya satu gambar setiap momen. iCloud juga dibenamkan dalam aplikasi ini sehingga memudahkan kita untuk melakukan entry data menggunakan perangkat iOS yang tersinkronisasi satu sama lain. Mudah bukan? Dengan harga yang termasuk murah untuk aplikasi diary, cuma Rp. 19.500 mmbuat aplikasi ini menjadi salah satu pilihan untuk menulis diary anda.
Keunggulan: harga terjangkau
Kelemahan: fitur upload foto hanya bisa satu foto tiap momen dan tidak ada tombol untuk share diary ke social media
download here

20131219-055911 PM.jpg

Day One

Aplikasi kedua juga tidak kalah bagus, aplikasi day one menampilkan user interface yang elegan dan simple. Fitur yang dimiliki hampir sama dengan My Wonderful Day. Aplikasi ini telah dilengkapi dengan Airprint yang memungkinakan kita mencetak diary ataou journal yang kita buat. Dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa menentukan lokasi secara tepat dimana momen tersebut anda tulis. Untuk backup data telah tersedia iCloud dan Dropbox sehingga semua diary anda bisa tersinkronisasi di perangkat mobile anda (hanya tersedia untuk iOS). Selain di perangkat mobile aplikasi ini sudah tersedia juga di Mac namun dengan harga yang relatif mahal, Rp 99.500 sedangkan di iOS di banderol dengan harga Rp. 19.500
Dengan Day one anda juga bisa berbagi diary melalui email yang dilengkapi dalam berbagai format, selain itu anda juga bisa langsung share diary anda melalui akun twitter, sangat memuaskan bukan.
Keunggulan: harga terjangkau untuk perangkat bergerak, terdapat feature sharing dengan akun twitter, tambahan backup menggunakan dropbox
Kekurangan: fitur upload foto hanya bisa satu foto untuk satu momen
download here

20131219-060141 PM.jpg

Awesome Note

Aplikasi terakhir, Awesome Note, pertama saya pakai aplikasi ini langsung membuat saya jatuh cinta. Fitur yang dimiliki amat sangat lengkap dengan berbagai pilihan namun tidak meninggalkan kesan simple dan sangat mudah dalam melakukan entry tulisan anda. Dengan tombol quick memo anda bisa mencatat secara cepat dengan aplikasi ini.
Awesome note tidak hanya memberikan kepuasan dalam membuat catatan diary melainkan aplikasi ini bisa mengorganisasi semua jadwal penting, checklist, kalendar dan masih banyak lagi. Yang lebih membuat puas adalah aplikasi ini sudah terintegrasi dengan iOS reminder dan iOS calendar sehingga semua jadwal rutin, hari penting, maupun checklist anda langsung tersinkronisasi dengan kalender dan pengingat di perangkat mobile iOS anda. Tidak seperti aplikasi diary yang telah saya sebutkan diatas, awesome note memungkinkan anda mengupload lebih dari satu foto dalam satu momen. Fitur Drawing juga semakin melengkapi kehebatan aplikasi yang satu ini.
Untuk fitur backup telah tersedia Evernote dan Google Drive sehingga data anda aman dalam akun tersebut. Tidak lupa juga tersedia sistem keamanan passcode untuk folder dalam note anda. Harga yang ditawarkan cukup mahal dibandingkan aplikasi diary lainnya yaitu Rp 39.500 untuk iPhone dan Rp 49.500 untuk iPad.
Keunggulan: fitur sangat lengkap, terintegrasi dengan iOS calender dan iOS reminder
Kekurangan: harga yang relatif mahal

20131220-091532 PM.jpg
download here



(sumber: http://iappindonesia.wordpress.com )

0 komentar:

Posting Komentar